Memahami Toko Online sebagai Konsep Belanja Modern

Online shop atau orang-orang akrab menyebutnya online shop bukanlah jadi hal yang baru banget di Indonesia, pasalnya sekarang sudah makin banyak masyarakat yang memanfaatkan untuk berbelanja online melalui smarphone.

Prinsip dasar dari toko online ini adalah pembeli dan penjual tidak beratap muka langsung, yah walaupun sekarang sudah ada perkembangan ke social commerce yang melibatkan jaringan sosial media untuk bisa membuat trust lebih tinggi konsumen ke penjualnya.

Nah, dari situ ada kesepakatan untuk transaksi produk yang dijual sesuai yang ada pada display gambar website maupun platform online shio lainnya sehingga pembeli melakukan pembayaran dengan transfer dan penjual selanjutnya berkewajiban untuk mengirim barang ke alamat pemesan.

Mengenai cara pembayaran dengan order online seperti itu biasanya ada beberapa yang kerap dipakai, seperti transfer bank, menggunakan rekening bersama, jasa pengiriman uang online (seperti Paypal, biasanya untuk transaksi luar negeri), rekening bersama dan yang terakhir sedang populer COD (barang diterima baru bayar).

Namun begitu, dari sebuah penelitian yang masih umum dilakukan adalah melalui transfer bank terlebih sekarang sudah mulai ada layanan e-banking di smartphone yang bisa memudahkan transaksi dimana saja dan kapan saja.

Jenis Produk dan Tingkat Kepercayaan

Adapun produk-produk yang kerap terjadi untuk transaksi di online shop adalah  produk seperti fashion, elektronik, buku, travel booing, game, musik serta video.

Namun demikian dengan banyak ragamnya produk yang dijual membuat makin banyak pula penjual yang menawarkan barang dagangan sama, dengan harga lebih murah guna mengahadapi kompetisi.

Hal tersebut yang memicu adanya tingkat kepercayaan yang rendah dari sisi pembeli karena takut ditipu, dapat produk palsu atau bahkan barang tidak dikirim sama sekali.

tingkat trust online shop

Nah disitulah gunanya membangun brand dari sebuah bisnis agar calon konsumen bisa percaya dengan kredibilitas penjual sehingga mau melakukan transaksi atas produk yang ditawarkan.

Guna mengatasi hal tersebut, berikut ini beberapa hal yang perlu dilakukan oleh manajemen online shop agar faktor trustnya meningkat di mata pelanggan.

1) Info produk yang jelas

Konsumen ingin detil informasi sejelas-jelasnya mulai ukuran, warna, bahan dll karena mereka tidak bisa memegang secara langsung produknya.

2) Harga yang kompetitif

Karena secara online biasanya proses pembandingan harga akan lebih mudah semudah menggunakan tab pada browser. Maka dari itu memiliki harga yang kompetitif namun tidak murahan juga perlu jadi strategi.

3) Ekspedisi pengiriman

Untuk jasa yang dipakai sebagai pengiriman tentunya pilihlah yang sudah direkomendasikan, seperti JNE, POS Indonesia, JNE, J&T dll yang mana pelanggan bisa cek sendiri no resi nya agar bisa dilacak secara online.

4) Pakai kurir sendiri

Untuk pengiriman lokal, bisa juga menggunakan kurir sendiri sehinga bisa dilayani lebih baik lagi. Cover area nya semisal bisa dipakai JABODETABEK misalnya..

5) Pembayaran

Mengenai urusan pelunasan bisa menggunakan beberapa metode pembayaran, tentunya agar membuat konsumen semakin nyaman dan mudah memilih alternatif pilihan yang mereka kehendaki.

6) Pengemasan

Tak bisa dipungkiri lagi kalau yang namanya packaging ini merupakan salah salah satu ujung tombak dari sistem pemasaran yang efektif.

Biasanya aspek yang perlu diperhatikan adalah kemasannya, bisa dari kain, karus atau plastik. Usahakan ada identitas produk dan perusahaan agar selalu teirngat di benak konsumen.

Selain itu ada tag yang dipakai untuk memuat kode, harga serta identitas produk yang dilengkapi dengan contact person dari produsennya. Kemudian logo juga salah satu hal yang perlu dimuat dalam label.

7) Customer Service

CS juga salah satu pilar dalam menjaga hubungan baik dengan pelanggan, pasalnya jika pesanan barang yang dikirim oleh ekspedisi belum sampai ke alamat biasanya yang dihubungi pertama adalah customer service.

Menempatkan orang yang tepat untuk posisi Customer Service merupakan salah satu langkah penting bagi perusahaan.

Dengan makin mamhami tentang konsep toko online ini tentunya saya harap bis amenambah pengetahuan anda tentang bagaimana untuk bisa mencari online shop yang baik dan terpercaya.

Apalagi dengan perkembangannya yang dalam tahap social commerce, membuat calon pelanggan lebih mudah lagi mencarinya dengan melihat salah satu hal yang membuat kita tahu produsen tersebut bagus atau tidak, yaitu review pelanggan.

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer